Thursday, October 9, 2008

Istilah-istilah Umum Media I

Achievement Jumlah sebenarnya target audience, rating yang dijangkau sebuah media campaign, biasanya dibandingkan dengan objektif yang direncanakan

Agency-of-Record (AOR) Tanggung jawab agensi untuk media placement dan billing untuk berbagai macam brand advertiser yang menggunakan lebih dari satu agensi

Agency commission Diskon dari harga normal yang ditawarkan oleh media untuk agensi periklanan. Biasanya semakin besar billing yang dipunyai agensi terhadap media semakin besar diskon yang diberikan. Harga dan diskon adalah gross sedangkan harga tanpa diskon adalah nett

Aided Awareness Persentase dari kesadaran pemirsa terhadap sebuah brand atau pesan advertising yang dilakukan baik dengan cara visual atau audio

Audience Composition Analisis pemirsa dalam istilah bagian grup yang dipilih berdasarkan demografi, gaya hidup dsb., biasanya ditulis dalam %.

Back-Lit Poster Sebuah iklan yang bercahaya mengandung grafik advertising yang dicetak di atas materi polyvinyl yang tembus cahaya.

Billboard (Out-of-Home) Panel/poster di area publik, idealnya di area yang .

Blocking chart Presentasi grafik dari aktivitas advertising yang direncanakan dalam kalender.

Brand Development Index (BDI) Kecenderungan pasar untuk menggunakan brand tertentu, dibandingkan dengan populasi secara umum; dihitung dengan membagi persentase penjualan produk dengan persentase populasi.


Budget Control Report (BCR) Dokumen bulanan, 4 bulanan atau tahunan yang merinci aktual vs proyeksi pengeluaran.

Buy Request Sebuah formulir yang menguraikan persyaratan khusus ( grup sasaran, flight dates dsb) dari sebuah campaign yang harus dibeli.

Continuity Advertising dengan satu tema dalam satuan waktu tanpa interupsi.

Contra Waktu komersial atau ruang yang dibutuhkan dalam pertukaran untuk barang atau jasa (dikenal juga dengan sistem barter).

Control Market (Control Cell) Market yang dipilih untuk dibandingkan dengan market yang diuji. Parameter marketing dibiarkan konstan dalam control ,market dan bervariasi dalam market yang diuji; kemudian hasilnya dibandingkan.

Convergence Proses merger perusahaan media.

Cost Per Rating (CPR) Biaya pengiriman pesan terhadap 1% dari sasaran grup yang telah ditentukan.

Cost per thousand (CPM) Biaya untuk mengirimkan pesan terhadap 1000 .

Cumulative audience (Cume) Jumlah total rumah/pemirsa yang dijangkau oleh jadwal iklan/program dalam satuan waktu.

Cumulative reach Persentase sasaran yang dijangkau oleh advertising dalam periode waktu yang telah ditentukan.

Decay Penurunan dalam top-of-mind awareness sebagai hasil dari periode hiatus.

Demographics Deskripsi pemirsa berdasarkan umur, jenis kelamin, pendidikan dll.

Duplication Ketika dua media berbeda mempunyai pemirsa yang sama.

Effective frequency Eksposur terhadap sebuah pesan advertising yang diperlukan untuk mencapai komunikasi yang efektif. Secara umum dilukiskan dengan kisaran bawah apabila eksposur-nya tidak cukup dan atas apabila eksposur diperkirakan terbuang percuma.

Effective Reach Persentase dari target yang dicapai pada level "frekwensi efektif".

Efficiency Keefektifan biaya berdasrkan CPMs/CPRS.

Estimate Perhitungan kemungkinan harga untuk produksi atau eksekusi media klien.

Exposure Kontak fisik seseorang (visual/audio) dengan medium atau pesan advertising.

Flighting Gelombang periode advertising, dipisahkan oleh ketidakaktifan total periode (berlawanan dengan continuous advertising).

Fragmentation Berkurangnya pemirsa dikarenakan semakin banyaknya pilihan media.

Frequency Jumlah berapa kali sebuah pesan advertising terekspos oleh target pemirsa.

Frequency distribution Frekwensi rata-rata yang dipecah untuk mengindikasikan persentase pemirsa yang telah terekspos terhadap pesan satu kali, dua kali. dsb.

Gross Rating Points (GRPs)Total rating dari jadwal advertising dari grup sasaran. GRP = Reach x Frequency.

Heavy-up Peningkatan media weight dalam jangka pendek.

Hiatus Periode waktu antara advertising flights.

Impressions/Messages Jumlah total dari kesempatan iklan atau jadwal iklan, dikalikan dengan total pemirsa target potensial yang terekspos dalam setiap kesempatan. Media Plan impressions biasanya mengacu pada gross impression.

Market Development Index (MDI) Kecenderungan pasar untuk menggunkan kategori produk; dihitung dengan membagi persentase penjualan kategori produk dengan persentase populasi.

Media habits Kecenderungan grup sasaran terekspos terhadap media tertentu lebih besar/sering dibandingkan media lainnya.

Medium Segala macam alat yang digunakan untuk menyampaikan pesan advertising kepada publik. Segment individual di dalam media adalah vehicle.

Optimization Sebuah proses penambahan elemen media untuk mencapai hasil maksimum dalam setiap tahapnya.

Out-of-Home Istilah untuk media yang memberikan pengaruh terhadap pemirsanya di luar rumah. contoh: poster, baliho, TV reklame dll.

Penetration Persentase market yang dapat dijangkau oleh medium atau individual media

Post-Buy analysis Sebuah analisis dari actual media deliveries yang dihitung setelah spot spesifik atau jadwal advertising telah berlangsung.

Pre-Buy analysis Sebuah laporan dari perkiraan pencapaian dari spot siaran media atau jadwal pembelian.

Psychographics Deskripsi psikologis gaya hidup.

No comments: