Hari Sabtu kemaren gw liat-liat pameran CSR di JACC blok B. Kebanyakan yang buka pameran adalah perusahaan migas, semen dan provinsi-provinsi dimana perusahaan migas tersebut berada yang memamerkan kegiatan-kegiatan CSR-nya. Satu-satunya perusahaan non migas adalah Tempo Scan Pasific lewat program Bodrex Reaksi Cepat-nya. Tidak ada nama-nama besar seperti Unilever, Aqua, Nestle , Sampoerna, Djarum .Mungkin perusahaan-perusahaan tersebut hanya melihat pameran CSR tersebut sebagai ajang promosi kecil karena mereka biasanya sudah mempromosikan kegiatan-kegiatan CSR mereka di media masa. Dari hasil pengamatan terlihat banyak perusahaan-perusahaan yang mempunyai kegiatan CSR yang bermutu, selain mencoba melestarikan alam,mereka juga memberdayakan masyarakat. Salah satunya yang dilakukan Freeport McMoran,
mereka mengajak masyarakat untuk berkarya, salah satunya adalah pembuatan kopi dimana seperti dijelaskan orang yang menjaga stan, karena produksinya yang belum terlalu besar kopi buatan masyarakat baru dipasarkan secara internal di kalangan Freeport. Sayang kemaren belum ada sampel kopi-nya jadi saya tidak bisa mencoba kopi tersebut. Siapa tahu nantinya kopi produksi dari Irian Jaya akan terkenal di Indonesia ataupun mancanegara. Jujur saat ini saya adalah penganut non promosi di media massa untuk CSR apabila harus membayar, karena biaya untuk berpromosi di media massa sangat besar, lebih baik apabila biaya untuk berpromosi di media massa dialihkan untuk menambah dana untuk kegiatan-kegiatan CSR.
No comments:
Post a Comment