Thursday, October 29, 2009

Implementasi Cause Marketing di Pertamina

Pemanasan global (global warming) pada dasarnya merupakan fenomena peningkatan temperatur global dari tahun ke tahun karena terjadinya efek rumah kaca (greenhouse effect) yang disebabkan oleh meningkatnya emisi gas-gas seperti karbondioksida (CO2), metana (CH4), dinitrooksida (N2O) dan CFC sehingga energi matahari terperangkap dalam atmosfer bumi. Berbagai literatur menunjukkan kenaikan temperatur global – termasuk Indonesia – yang terjadi pada kisaran 1,5–40 Celcius pada akhir abad 21.
Pemanasan global mengakibatkan dampak yang luas dan serius bagi lingkungan bio-geofisik (seperti pelelehan es di kutub, kenaikan muka air laut, perluasan gurun pasir, peningkatan hujan dan banjir, perubahan iklim, punahnya flora dan fauna tertentu, migrasi fauna dan hama penyakit, dsb). Sedangkan dampak bagi aktivitas sosial-ekonomi masyarakat meliputi : (a) gangguan terhadap fungsi kawasan pesisir dan kota pantai, (b) gangguan terhadap fungsi prasarana dan sarana seperti jaringan jalan, pelabuhan dan bandara (c) gangguan terhadap permukiman penduduk, (d) pengurangan produktivitas lahan pertanian, (e) peningkatan resiko kanker dan wabah penyakit, dsb
Untuk meningkatkan kesadaran dan perhatian masyarakat akan global warming PERTAMINA melakukan kegiatan cause marketing yang juga sejalan misi produk dan misi sosial perusahaan. Beberapa kegiatan Cause marketing Pertamina adalah acara GreenFest 18 April 2008 di Parkir Timur Senayan Jakarta. Acara ini ditujukan meningkatkan awareness dan concern terhadap kelestarian lingkungan hidup dan mengatasi dampak global warming dengan bekerja sama dengan perusahaan yang memiliki visi yang sejalan dalam bidang lingkungan, Pameran Green Festival yang dihadiri oleh lebih dari 20.000 pengunjung pada bulan April 2008 sebagai bentuk kepedulian Pertamina atas terjadinya pemanasan global saat ini.

Gerakan peduli lingkungan dengan menanam ratusan pohon. Dengan dilaksanakannya kegiatan penanaman pohon ini diharapkan dapat menambah keasrian, keteduhan dan daya tarik wilayah Jakarta Utara serta area operasi Pertamina. Kegiatan ini dilakukan sesuai dengan kebijakan pemerintah bahwa Pertamina dalam menjalankan usahanya tetap diharuskan menjalankan tanggung jawab sosial dan lingkungan di samping mengutamakan keuntungan sebagaimana layaknya sebuah perusahaan. Penanaman pohon tersebut dimaksudkan sebagai wujud nyata kepedulian Pertamina terhadap kelestarian lingkungan di sekitar wilayah operasi.

Selain itu Pertamina mengupayakan udara surabaya bersih. Dalam program ini Pertamina mensponsori Rally Panther Laga Wisata . Dalam kesempatan tersebut Pertamina ingin menunjukkan kepada masyarakat, khususnya di Surabaya, bahwa Pertamina DEX sudah ada di kota mereka. Pertamina DEX merupakan bahan bakar yang ramah lingkungan dan spesifikasinya sudah memenuhi standar Euro II sehingga dapat memberikan performa mesin yang luar biasa. Surabaya merupakan salah satu kota yang padat lalulintasnya, berharap dengan kehadiran Pertamina DEX dapat menjadikan udara di Surabaya lebih bersih.

Kegiatan-kegiatan cause promotion yang dilakukan oleh Pertamina sudah sesuai dengan teori cause marketing yang dijelaskan oleh Kotler dan Nancy, yaitu Pertamina menyediakan dana untuk sponsorship kegiatan GreenFest dan Rally Panther laga wisata, kesukarelawan karyawan dalam menanam pohon di daerah sekitar perusahaan. Kegiatan-kegiatan cause marketing yang dijalankan Pertamina bisa dibilang sukses, hal ini dapat dibuktikan dengan 20.000 pengunjung yang menghadiri acara GreenFest.

Kegiatan cause marketing yang dilakukan Pertamina juga sesuai dengan core business mereka karena Pertamina yang bergerak di bidang eksplorasi dan penghasil produk olahan minyak dan gas bumi memberikan kontribusi positif kepada global warming, dengan cause marketing yang dilakukannya diharapkan akan memperkuat image Pertamina sehingga masyarakat Indonesia akan lebih memilih menggunakan produk Pertamina dibandingkan produk-produk yang dipasarkan oleh korporasi asing.

PT. Pertamina sudah melaksanaan Tanggung jawab Sosial Perusahaan (CSR) untuk para stakeholder. Laporan pelaksanaan CSR dapat diketahui oleh masyarakan secara mudah dari website yang disediakan oleh Pertamina.

Pertamina harus terus memberiksan informasi agar kepedulian masyarakat meningkat, baik melalui berbagai kegaiatan yang melibatkan masyarakat, menyediakan brosur disetiap SPBU tentang spesifikasi produk yang ramah lingkungan, menjadi sponsor berbagai kegiatan yang bertema kepedulian terhadap lingkungan dan sebagainya.
Penyebaran informasi melalui berbagai media perlu dilakukan untuk menyampaikan beberapa hal diantaranya adalah ;
- Dampak global warming
- Masyarakat harus peduli terhadap lingkungan
- Pertamina menghasilkan produk ramah lingkungan
- Pertamina melakukakan kiatan pelestarian lingkungan

Dengan masuknya perusahaan asing, yang saat ini menjadi pesaing Pertamina yaitu Shell dan Petronas, maka Pertamina harus melakukan kegiatan marketing yang lebih intensif. Kemajuan teknologi dan meningkatnya pengetahuan masyarakat tentang produk yang berkualitas harus diimbangi dengan kesiapan Pertamina yaitu menyampaikan informasi bahwa produk yang dihasilkan tidak kalah dengan produk asing, bahwa produk yang dihasilkan merupakan hasil dari suatu research dari lembaga yang berkompeten dan produk yang dihasilkan sudah memenuhi standar internasional.
Kelebihan Pertamina sebagai perusahaan milik negara dapat menjadi salah satu alat promosi bahwa keuntungan perusahaan akan berdampak positif untuk kemajuan bangsa sehingga secara tidak langsung dapat mengajak masyarakat mencitai produk dalam negeri.
Program selain cause marketing yang bermanfaat bagi Pertamina dalam jangka panjang adalah social marketing. Tujuan social marketing Pertamina seharusnya dapat mengubah perilaku masyarakat sehingga mengurangi kegiatan-kegiatan yang berkontribusi positif terhadap global warming.

No comments: